PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN PUST2290
DI PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 1 KUWARASAN
LAPORAN
Disusun sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan studi pada program studi
Diploma II Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Terbuka
OLEH : galihaxzen.com
UPBJJ_UT PURWOKERTO
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS TERBUKA
2011
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTEK KERJA PERPUSTAKAAN (PUST 2290)
DI PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 1 KUWARASAN
Nama Mahasiswa : galihaxzen.com
NIM : 085220409878
Jurusan : Diploma II Perpustakaan
UPBJJ UT : Purwokerto
Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Telah melaksanakan Praktik Kerja Perpustakaan dari tanggal 2011.
Kebumen, Juli 2011
Mengetahui,
Kepala UPBJJ_UT Purwokerto
Drs. H . Samsul Islam, M.Pd.
NIP 19540906 198601 1 001 Mengesahkan,
Pembimbing
KATA PENGANTAR
Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, berkat limpahan rahmat-Nya penyusun dapat menyelesaikan laporan Praktik Kerja Perpustakaan yang dilaksanakan di perpustakaan SMP Negeri 1 Kuwarasan dari tanggal 1 s.d. 30 Juni 2011. Penyusunan laporan ini merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan studi pada program studi Diploma II Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Terbuka.
Penyusun tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu, penyusun mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu sebagai berikut.
1. Drs. H . Samsul Islam, M.Pd., Kepala UPBJJ_UT Purwokerto yang telah memberikan izin kepada mahasiswa Diploma II Ilmu Perpustakaan untuk melaksanakan Praktik Kerja Perpustakaan.
2. Tubari, S.Pd., selaku Kepala SMP Negeri 1 Kuwarasan, yang telah memberikan izin untuk melakukan Praktik Kerja Perpustakaan.
3. Muhdir, S.Pd., Kepala Perpustakaan, yang telah menyumbangkan pikiran dan menyediakan bahan pustaka dalam penyelesaian penyusunan laporan Praktik kerja Perpustakaan.
4. Dra. Unik Ganiwati, Pembimbing, yang telah meluangkan waktu menjadi pembimbing perpustakaan selama Praktik Kerja Perpustakaan berlangsung.
5. Yusti Prihati, S.Pd., Pembimbing, yang telah meluangkan waktu menjadi pembimbing penyusunan laporan Praktik Kerja Perpustakaan.
6. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, yang telah memberikan bantuan baik secara langsung maupun tidak langsung.
Penyusun menerima kritik dan saran yang membangun agar dalam pelaksanaan penyusunan laporan praktek kerja perpustakaan pada masa yang akan datang kami dapat melaksanakan dan menghasilkan penelitian yang lebih sempurna.
Penyusun berharap agar hasil penyusunan laporan praktek kerja perpustakaan ini berguna bagi semua pihak.
Kebumen, Juli 2011
Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL…………………………………………………………….i
LEMBAR PENGESAHAN…………………………………….………………..ii
KATA PENGANTAR……………………………………………………….….iii
DAFTAR ISI……………………………………………………………….........v
DAFTAR LAMPIRAN………………………….………………………….......vi
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………........1
A. Latar Belakang…………………………………………….……..1
B. Tujuan Praktik Kerja Perpustakaan…………………….….……..2
BAB II HASIL PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN…………………….3
A. Pengadaan Bahan Pustaka…………………………….…..……..3
B. Pengolahan Bahan Pustaka…………...………………...….……5
C. Layanan Bahan Pustaka……………...…………………….........7
D. Statistik Koleksi perpustakaan……..……………………………8
BAB III PENUTUP…………………………………………….…………….10
A. Simpulan…………………………………………….………….10
B. Saran/Rekomendasi………………………………….…………10
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………….11
LAMPIRAN-LAMPIRAN…………………………………………………….12
DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
1. Lembar Kerja Praktik Pengadaan……………………………………...13
2. Lembar Kerja Praktik Pengolahan………………………………....…..14
3. Lembar Kerja Praktik Pelayanan…………………………………........18
4. Foto/dokumentasi Kegiatan…………………………………………....19
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perpustakaan berasal dari kata dasar pustaka. Pustaka yang berarti buku juga menimbulkan istilah turunan lain seperti bahan pustaka, pustakawan, kepustakawanan, kepustakaan, dan ilmu perpusakaan. Perpustakaan adalah kumpulan buku atau bangunan fisik tempat buku dikumpulkan, disusun menurut sistem tertentu untuk kepentingan pemakai.
Menurut Nasution (1990: 139) dalam Martoatmojo (2008: 1.5) “Perpustakaan adalah pelayanan, pelayanan berarti kesibukan. Bahan-bahan pustaka harus sewaktu-waktu tersedia bagi mereka yang memerlukannya: …”. Jelas bahwa perpustakaan ialah pelayanan. Tidak ada perpustakaan jika tidak ada pelayanan. Kegiatan menyediakan bahan pustaka inilah yang menjadi profesi seorang pustakawan.
Fungsi layanan perpustakaan tidak boleh menyimpang dari tujuan perpustakan itu sendiri, perpustakaan harus dapat memberikan informasi kepada pembaca, memberikan kesempatan kepada pembaca untuk mengadakan penelitian, yaitu fungsi informasi. Selanjutnya perpustakaan juga memberikan kesempatan kepada pembacanya untuk mengadakan rekreasi. Dengan membaca novel, mendengarkan musik, dan menonton video, pembaca dapat terhibur.
Fungsi perpustakaan yang lain adalah mengembangkan pendidikan. Para pembaca diharapkan dapat memanfaatkan bahan-bahan pustaka yang tersedia, baik fiksi maupun nonfiksi. Dengan membaca, kita akan berpikir mengikuti logika yang diberikan oleh pengarang, Karena pandai berlogika dan kaya pengalaman yang diperoleh dari bacaan, kita menjadi cerdas. Dengan demikian dalam mengikuti berbagai masalah, kita akan tahu cara memecahkannya.
Tujuan perpustakaan memberikan pelayanan kepada para pembaca ialah agar bahan pustaka yang telah dikumpulkan dan diolah dapat sampai ke tangan pembaca.
Sebagai calon pustakawan, mahasiswa program studi Diploma II Ilmu Perpustakaan harus mengerti bagaimana cara mengelola perpustakaan sehingga pengguna puas dengan layanan yang ada di perpustakaan. Oleh karena itu mahasiswa Diploma II Ilmu Perpustakaan perlu mengikuti Praktik Kerja Perpustakaan. Di perpustakaan mahasiswa bisa langsung praktik mengelola perpustakaan dan berhadapan langsung dengan pengguna untuk belajar bagaimana cara melayaninya.
B. Tujuan Praktik Kerja Perpustakaan
Tujuan dilaksanakan Praktik Kerja Perpustakaan antara lain
1. Mahasiswa diharapkan dapat menerapkan teori penyelenggaraan perpustakaan yang telah diperoleh dalam perkuliahan/tutorial.
2. Mahasiswa mendapat pengalaman sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.
3. Mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan dalam mengidentifikasi masalah, mengamati suatu proses, mengumpulkan data serta dapat membuat suatu kesimpulan yang dilandasi dengan sikap ilmiah.
4. Sebagai sarana untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman di bidang ilmu perpustakaan.
5. Mahasiswa bisa memahami dan mengembangkan ilmu yang didapat melalui bangku kuliah dan penerapannya serta menambah wawasan di dunia kerja khususnya di perpustakaan.
6. Mahasiswa mampu menangani secara nyata masalah pengelolaan perpustakaan.
BAB II
HASIL PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN
A. Pengadaan Bahan Pustaka
Bahan pustaka yang ada di perpustakaan pada umumnya terdiri atas buku dan bukan buku. Masing-masing jenis bahan pustaka ini terdiri atas beberapa macam bahan pustaka lagi. Semua jenis bahan pustaka mempunyai ciri dan kegunaan sendiri.Apabila semua bahan pustaka itu dikombinasikan, akan memberikan informasi yang lebih lengkap dan semakin memperkaya khasanah pengetahuan pembacanya.
Bahan pustaka buku terdiri atas buku bacaan, buku referensi, buku teks, dan buku fiksi. Sedangkan bahan pustaka bukan buku terdiri atas terbitan berkala (majalah, surat kabar, dan lain-lain) brosur, pamflet selipat (leaflet), guntingan surat kabar (clipping), serta bahan pandang dengar (audio visual aids). (Sulistia, Hartoyo, dan Edi Pranoto, 2009: 3.2).
1. Cara Pengadaan Bahan Pustaka
Dalam Pengadaan bahan pustaka, perpustakaan bisa melalui beberapa cara, yakni dengan membeli, hadiah, mengopi, tukar-menukar dan titipan.
Pembelian bahan pustaka bisa langsung dilakukan di toko buku, agen buku, memesan langsung ke penerbit dan lain-lain dengan melalui prosedur yang telah ditetapkan.
Tidak semua perpustakaan mempunyai dana untuk membeli bahan pustaka, maka perpustakaan tersebut dapat mengajukan bantuan atau hadiah dari departemen, lembaga atau instansi lain.
Dan juga tidak semua bahan pustaka dapat ditemukan di pasaran, maka perpustakaan dapat mengopi atau melakukan kerjasama dengan perpustakaan lain dengan cara tukar menukar bahan pustaka. Jadi masing-masing perpustakaan bisa saling melengkapi koleksi yang belum ada.
Atau mungkin dengan cara titipan dari perpustakan lain dalam jangka waktu tertentu agar bahan pustaka dari perpustakaan lain bisa lebih dimaksimalkan pemanfaatannya.
2. Prinsip Pemilihan Bahan Pustaka
Dalam pemilihan bahan pustaka tidak hanya dilihat dari segi kuantitasnya saja, tapi juga harus dengan kualitasnya, disesuaikan dengan kondisi dan situasi perpustakaan tersebut, apakah bahan pustaka yang akan dipilih cocok atau tidak jika dimiliki perpustakaan tersebut dengan melihat siapa yang dilayani dan bagaimana kondisi perpustakaan itu sendiri.
3. Alat Bantu Pemilihan Bahan Pustaka
Untuk pengadaan bahan pustaka yang sesuai dengan kondisi perpustakaan dan yang dilayaninya, perpustakaan dapat menggunakan alat bantu untuk memilih bahan pustaka. Alat bantu tersebut dapat berupa: silabus mata pelajaran, daftar buku atau katalog penerbit, selebaran terbitan baru, resensi atau tinjauan buku, dan para ahli sebagai nara sumber.
4. Prosedur Pemesanan dan Pembelian Bahan Pustaka
Bahan pustaka yang akan dibeli, harus dipilih dulu dan diisikan pada slip/formulir dalam bentuk daftar pesanan untuk mempermudah dalam menyusun daftar pustakanya sesuai dengan urutan yang diinginkan. Daftar pesanan dibuat sebanyak yang dibutuhkan, termasuk arsip.
Apabila pesanan telah diterima, maka bahan pustaka harus diperiksa surat pengantarnya, dan dicocokan antara surat pengantar, arsip pesanan dan bahan pustaka yang diterima. Bila ada yang tidak sesuai/rusak, maka bahan pustaka tersebut disisihkan untuk dikembalikan kepada pengirim.
Di SMP Negeri 1 Kuwarasan pengadaan bahan pustaka dengan cara
1. Menerima droping ( DAK ) dari pemerintah, tahun 2010 menerima droping dari pemerintah berupa buku fiksi dan nonfiksi, sebanyak 823 judul buku terdiri dari (buku pengayaan, referensi dan PAEDA) dengan jumlah total sebanyak 1648 eksemplar.
2. Membeli buku paket yang sumber dananya berasal dari dana BOS.
B. Pengolahan Bahan Pustaka
Bahan pustaka yang telah dicek kebenaran datanya sebelum dilayangkan kepada pembaca perlu diolah terlebih dulu agar pembaca mudah dalam menemukan bahan pustaka yang dibutuhkan. (Sulistia, Hartoyo, dan Edi Pranoto, 2009: 3.11)
Dalam pengolahan bahan pustaka itu sendiri meliputi:
1. Iventarisasi Bahan Pustaka
Iventarisasi bahan pustaka meliputi pemberian identitas bahan pustaka berupa cap/stempel yang akan menunjukan bahwa pustaka tersebut merupakan milik dari perpustakaan yang bersangkutan contoh perpustakaan “A”, cap/stempel ini termasuk cap inventaris, cap identitas dan cap instansi.
Setelah di cap/stempel bahan pustaka tersebut kemudian dicatat dalam buku inventaris/buku induk yang memuat: nomor urut, tanggal, nomor inventaris, judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, asal, jumlah eksemplar, bahasa, harga, jenis pustaka serta keterangan untuk mencatat hal-hal yang dianggap perlu.
2. Katalogisasi Bahan Pustaka
Katalog di perpustakaan dapat menunjukan kekayaan koleksi suatu perpustakaan. Kartu katalog yang berukuran 12,5 x 7,5 cm dibuat untuk memudahkan penempatan dan penemuan kembali suatu bahan pustaka dan untuk pengguna dalam memilih dan menelusur bahan pustaka yang diperlukan, karena dalam kartu katalog tertera data blibliografis dari pustaka yang bersangkutan, misalnya mengenai pengarang, judul, penerbit, tahun terbit dan keterangan lain yang diperlukan.
Dengan adanya kartu katalog pengunjung bisa menelusur bahan pustaka yang diperlukan dengan mencari melalui judul, pengarang, atau subjeknya.
3. Klasifikasi Bahan Pustaka
Bahan pustaka yang telah diiventaris dan dibuatkan kartu katalog kemudian diklasifikasikan atau dikelompokan/digolongkan menurut klasnya dengan beberapa cara, yakni: menurut bentuk fisiknya (buku, majalah, pamflet), menurut kegunaanya (koleksi referensi/rujukan, buku teks, skripsi, tesis), dan menurut pokok bahasan, persoalan/subjeknya.
Tujuan klasifikasi ini adalah untuk memudahkan penempatan dan pencarian bahan pustaka di rak. Dalam menentukan klasifikasi tidak boleh sembarangan, harus dengan peraturan dan sistem yang ada.
Sistem klasifikasi yang umumnya dikenal adalah
1. Biblioraphical Classification (BC),
2. Colon Classification (CC),
3. Dewey Decimal Classification (DDC),
4. Universal Decimal Classification (UDC),
5. Library of Congres Classification (LCC/LC).
Dan yang paling banyak digunakan di perpustakaan sekolah adalah sistem Dewey Decimal Classification (DDC).
4. Perlengkapan Bahan Pustaka
Untuk memudahkan pelayanan, bahan pustaka perlu dibuatkan perlengkapan-perlengkapannya sebagai akhir penyelesaian pengolahan bahan pustaka tersebut sehingga siap untuk dilayangkan. Perlengkapan bahan pustaka meliputi:
- Kartu buku yang berukuran 7,5 x 12,5 cm
- Kantong kartu buku
- Slip tanggal kembali yang berukuran 7,5 x 12,5 cm
- Label buku/call number
Cara pengolahan bahan pustaka yang telah diuraikan di atas telah dilaksanakan di perpustakaan SMP Negeri 1 Kuwarasan. Selain melayani sirkulasi di perpustakaan, sekarang sedang mengolah bahan pustaka yang berasal dari dropping pemerintah (DAK) dan pengelolaannya sudah sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.
C. Layanan Bahan Pustaka
Tanpa ada pelayanan maka perpustakaan tidak akan ada dan tidak bisa berjalan. Layanan ini bertujuan untuk mempertemukan pembaca dengan bahan pustaka yang mereka perlukan. Di perpustakaan sekolah biasanya terdapat beberapa layanan, antara lain: layanan sirkulasi dan layanan rujukan.
Layanan sirkulasi melayani peminjaman dan pengembalian bahan pustaka, sedangkan layanan rujukan/referensi melayani pengunjung yang membutuhkan informasi tertentu dan bahan pustaka rujukan tersebut tidak dipinjamkan untuk dibawa keluar perpustakaan tapi hanya dibaca di tempat.
Untuk layanan sirkulasi, sebagian perpustakaan sudah menggunakan teknologi komputer (otomasi), sedangkan bagi perpustakaan yang dananya belum memungkinkan masih menggunakan sitem manual, karena untuk otomasi membutuhkan dana yang tidak sedikit.
Layanan peminjaman sistem terbuka pengunjung dapat langsung datang ke rak buku dan memilih bahan pustaka yang diinginkan, sistem tertutup pengunjung mencatat bahan pustaka yang diperlukan kemudian diberikan pada petugas untuk dicarikan di rak.
Sistem layanan di perpustakaan SMP Negeri 1 Kuwarasan menggunakan sistem terbuka, dan layanan peminjaman sudah menggunakan teknologi komputer (otomasi). Sistem ini lebih menguntungkan karena layanan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan menghemat waktu.
D. Statistik Koleksi Perpustakaan
Statistik adalah ilmu tentang pengumpulan data, menggolongkan, menabulasi, dan menganalisis suatu kegiatan. Dalam perpustakaan yang disebut statistik adalah catatan angka-angka yang dikumpulkan, ditabulasi, digolongkan mengenai kegiatan perpustakaan. Statistik berfungsi dalam beberapa tujuan, yakni: menyusun laporan, mengukur efisiensi berbagai kegiatan dan kinerja pustakawan, menyusun rencana dan jasa perpustakaan, bahan pertimbangan dalam penambahan anggaran staf, sebagai evaluasi kemajuan atau keberhasilan perpustakaan.
Statistik yang ada di perpustakaan SMP Negeri 1 Kuwarasan antara lain:
1. Statistik Koleksi Perpustakaan Siap Display
No. Golongan Bahan Pustaka Bahan Pustaka Siap Display
Jenis Kelas Utama
(Angka Kelas) Jumlah Bahan Pustaka
(eksemplar) Jumlah Judul
1. Karya Umum (000) 130 65
2. Filsafat dan Psikologi (100) 100 50
3. Agama (200) 185 92
4. Ilmu-ilmu social (300) 100 50
5. Bahasa (400) 4 2
6. Ilmu-ilmu Murni (500) 390 195
7. Ilmu-ilmu Terapan (600) 190 95
8. Kesenian, olahraga (700) 190 95
9. Kesusastraan (800) 112 56
10. Sejarah umum (900) 290 145
11 Fiksi 15 7
12 Referens 40 20
Jumlah koleksi bahan pustaka terbanyak yang telah diolah dan siap display adalah jenis buku Ilmu – ilmu murni dengan nomor klasifikasi 500, sebanyak 360 eksemplar. Jumlah koleksi terkecil yaitu bahasa dengan nomor klasifikasi 400, sebanyak 4 eksemplar. Setelah kedatangan bahan pustaka baru, kegiatan PKP difokuskan untuk mengolahnya agar siap didisplay dan menyiapkan tempat display hingga melakukan pendisplayan di rak.
Untuk koleksi buku bahasa yang didisplay hanya sedikit, ini dikarenakan jumlah koleksi buku bahasa yang dimiliki oleh Perpustakaan SMP Negeri 1 Kuwarasan hanya sedikit jika dibandingkan dengan jenis koleksi bahan pustaka yang lainya. Selain itu ada beberapa koleksi buku bahasa yang dianggap belum siap didisplay karena belum dilengkapi dengan perlengkapan bahan pustaka dan ada juga yang masih perlu diperbaiki karena kondisinya yang memprihatinkan.
BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Dari hasil Praktik Kerja Perpustakaan yang dilaksanakan di perpustakaan SMP Negeri 1 Kuwarasan dapat disimpulkan bahwa:
1. Pengadaan bahan pustaka di perpustakaan SMP Negeri 1 Kuwarasan berasal dari bantuan/dropping pemerintah, membeli buku paket menggunakan dana BOS.
2. Proses pengolahan bahan pustaka di perpustakaan SMP Negeri 1 Kuwarasan meliputi: identifikasi informasi, klasifikasi, memberi kelengkapan koleksi, penyusunan koleksi.
3. Perpustakaan SMP Negeri 1 Kuwarasan menggunakan sitem pelayanan terbuka (opened access).
B. Saran/Rekomendasi
Untuk meningkatkan pelayanan di perpustakaan SMP Negeri 1 Kuawarasan penyusun menyampaikan saran sebagai berikut:
1. Pemerintah seharusnya lebih memperhatikan keadaan perpustakaan agar fasilitas di perpustakaan dapat terpenuhi.
2. Perpustakaan SMP Negeri 1 Kuwarasan terus mengajukan dana untuk menambah koleksi bahan pustaka terutama buku referensi umum dan fiksi serta perlu adanya pengadaan meja study curel untuk ketenangan membaca.
3. Pustakawan mengoptimalkan program sistem informasi perpustakaan yang ada untuk memperlancar proses pengolahan dan pelayanan bahan pustaka.
4. Sekolah meningkatkan kinerja pustakawan dalam rangka melakukan pelayanan dan penyelesaian tugas-tugas dengan baik.
DAFTAR PUSTAKA
Martoatmojo,Karmidi. 2008. Pelayanan Bahan Pustaka. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Sulistia, Hartoyo, dan Edi Pranoto. 2009. Manajemen Perpustakaan Sekolah.
Jakarta: Universitas Terbuka.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1
KEGIATAN PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN
DI PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 1 KUWARASAN
Kegiatan: Pengadaan bahan Pustaka
No. Tanggal Jam Kegiatan Hasil Paraf
Pembimbing
1 16/06/2011 07.30 Bersama petugas perpustakaan mengecek data pembelian buku agama kenang- kenangan siswa Diperoleh data yang sesuai dengan daftar penerimaan buku agama Islam sebanyak 85 eksemplar
2 30/06/2011 08.00 Bersama petugas perpustakaan mengecek data buku paket Seni Budaya Diperoleh data yang sesuai dengan daftar penerimaan buku berupa buku paket Seni Budaya sebanyak 234 eksemplar
Lampiran 2
KEGIATAN PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN
DI PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 1 KUWARASAN
Kegiatan: Pengolahan Bahan Pustaka
NO. TANGGAL JAM KEGIATAN HASIL PARAF PEMBIMBING
1 1 Juni 2011 07.15 Klasifikasi buku pengetahuan umum 10 eksemplar buku pengetahuan umum terklasifikasi
10.00 Klasifikasi buku referensi 5 eksemplar buku terklasifikasi
2 3 Juni 2011 07.20 Menulis pada slip kartu buku 20 kartu buku ditulis no. inventaris
3 4 Juni 2011 07.00 Menempel label buku Label buku terpasang pada buku
4 6 Juni 2011 07.30 Klasifikasi buku Pahlawan Nasional 9 eksemplar buku terklasifikasi
10.15 Klasifikasi buku Pengetahuan Alam 6 eksemplar buku trklasifikasi
5 7 Juni 2011 09.30 Klasifikasi buku sastra 10 eksemplar buku terklasifikasi
6 8 Juni 2011 07.00 Memotong kartu buku 30 kartu buku siap digunakan
09.45 Memotong kartu slip tanggal kembali 45 kartu slip tanggal kembali siap digunakan
7 9 Juni 2011 07.15 Mengisi label buku 20 label buku siap dipasang pada buku
09.00 Menempel label buku 20 label buku terpasang pada buku
8 10 Juni 2011 07.20 Memotong kertas label 100 label siap diisi data buku
09.15 Memotong kertas kantong buku 30 kantong buku siap digunakan
9 11 Juni 2011 07.00 Klasifikasi buku fiksi 15 buku terklasifikasi
10.00 Klasifikasi buku sains 9 buku terklasifikasi
10 13 Juni 2011 07.00 Membuat nomor klasifikasi untuk dipasang pada rak buku Nomor klasifikasi telah ditempel pada rak
10.30 Klasifikasi buku sejarah 4 buku terklasifikasi
11 14 Juni 2011 07.40 Membuat kantong buku 40 kantong buku siap digunakan
09.00 Memotong label buku 50 label buku tersedia
12 15 Juni 2011 07.15 Memotong slip tanggal kembali 45 lembar slip tanggal kembali siap dikembalikan
09.00 Membuat kantong buku 30 kantong buku siap digunakan
10.30 Membuat kartu buku 20 kantong buku siap digunakan
13 16 Juni 2011 10.00 Member cap inventaris pada buku baru Buku siap diberi nomor inventaris
14 17 Juni 2011 07.10 Klasifikasi buku sejarah 10 buku terklasifikasi
15 18 Juni 2011 07.30 Memasang kantong buku 45 kantong buku siap digunakan
09.30 Mengisi kartu buku 20 kartu buku telah diisi data buku lengkap
16 20 juni 2011 07.00 Klasifikasi buku teknologi
5 buku terklasifikasi
09.15 Klasifikasi buku fiksi
9 buku terklasifikasi
17 21 Juni 2011 07.30 Memotong label 50 label siap digunakan
09.00 Mengisi label buku 40 label siap digunakan
10.00 Memotong kartu buku 20 kartu buku siap digunakan
18 22 Juni 2011 07.00 Klasifikasi buku sains
6 buku terklasifikasi
09.30 Klasifikasi buku puisi
3 buku terklasifikasi
19 23 juni 2011 07.15 Menyiangi buku di rak yang sudah tidak terpakai Buku yang sudah tidak dipakai terpisah dengan buku yang masih dipakai
20 24 Juni 2011 07.20 Membuat kantong buku 20 kantong buku siap digunakan
08.00 Memasang kantong buku 20 kantong buku terpasang
09.00 Melabeli kamus 20 eksemplar kamus telah diberi label
21 25 Juni 2011 07.30 Membuat kartu buku 100 kartu buku siap digunakan
09.30 Menempel kantong buku 40 kantong buku siap digunakan
22 27 Juni 2011 07.30 Memberi cap inventaris pada buku paket 64 eksemplar buku paket telah dberi cap inventaris
09.00 Memberi nomoer inventaris pada buku paket 64 eksemplar buku paket telah diberi nomor inventaris
23 28 Juni 2011 07.15 Memberi cap identitas sekolah pada buku paket 194 eksemplar buku paket telah diberi cap
24 30 Juni 2011 07.30
Memberi nomor inventaris pada buku paket 64 eksemplar buku paket telah diberi nomor inventaris
Lampiaran 3
KEGIATAN PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN
DI PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 1 KUWARASAN
Kegiatan: Pelayanan Bahan Pustaka
No. Tanggal Jam Kegiatan Hasil Paraf
Pembimbing
1 3 Juni 2011 09.00 Melayani peminjaman buku fiksi Peminjaman 3 judul buku terlayani
11.00 Merapikan meja baca Meja baca tersusun rapi
2 4 Juni 2011 09.00 Melayani pengembalian buku paket kelas IX E 280 eksemplar buku paket kembali ke perpustakaan
3 7 Juni 2011 11.00 Melayani peminjaman buku fiksi Peminjaman 5 judul buku terlayani
4 13 Juni 2011 08.30 Melayani pengembalian buku paket kelas VII A 224 eksemplar buku paket kembali ke perpustakaan
5 14 Juni 2011 09.30 Melayani pengembalian buku Pengetahuan Umum 3 eksemplar buku Pengetahuan Umum kembali ke perpustakaan
Lampiaran 4
FOTO KEGIATAN PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN
DI PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 1 KUWARASAN
Proses pengolahan buku di perpustakaan SMP Negeri 1 Kuwarasan
Merapikan buku di rak
Melayani pengembalian buku
1 komentar:
candra.woenk@yahoo.com
Posting Komentar