KELOMPOK TANI TERNAK KARYA MEGA JAYA BUMIREJO

Senin, 30 Januari 2012

Contoh Laporan PKP



LAPORAN
Disusun sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan studi
pada program studi Diploma II Perpustakaan
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Terbuka

PROGRAM STUDI D II ILMU PERPUSTAKAAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS TERBUKA
2011


 LEMBAR PENGESAHANgalihaxzen

LAPORAN PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN (PUST2290)
DI PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 1 PURING
KABUPATEN KEBUMEN


Nama            :  GALIHAXZEN
NIM              :  085220409878
Jurusan          :  D II Ilmu Perpustakaan
UPBJJ_UT    :  Purwokerto
Fakultas    :  Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Telah melaksanakan praktik kerja perpustakaan di Perpustakaan SMP Negeri 1 Puring dari tanggal 1 s.d. 30 Juni 2011.



        Kebumen, ..............................

    Mengetahui                                                                                     Mengesahkan
    Kepala UPBJJ_UT Purwokerto                                                       Pembimbing


    Drs. Samsul Islam, M.Pd.                                                            ( ............................ ).
    NIP. 19540906 198601 1 001                                               NIP. galihaxzen.com

 KATA PENGANTAR

    Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Praktik Kerja Perpustakaan di Perpustakaan SMP Negeri 1 Puring dengan baik tanpa halangan yang berarti.
    Penulis menyadari bahwa penyusunan laporan ini tadak dapat terlaksana tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada :
1.    Drs. H. Samsul Islam, M. Pd. selaku Kepala UPBJJ-UT Purwokerto yang telah memberikan izin kepada penulis untuk melakukan Praktik Kerja Perpustakaan.
2.    Tim Kreatif  Perceakan Grafika Wijaya Bumirejo Puring Puring.
3.    Pengelola FKMP Kebumen.
4.    Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah memberikan bantuan baik secara langsung maupun tidak langsung.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun.
Akhirnya penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat.



                                                                                                Kebumen,  Oktober 20100
                                                                                                Penulis


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Perpustakaan pada saat ini bukan lagi sebuah gedung atau obyek keepers melainkan sebuah sumber pengetahuan. Untuk memahami perpustakaan secara menyeluruh bukan saja dilihat dari gedung atau fisik tempat menyimpan buku semata, tetapi harus dipahami sebagai sebuah sistem secara utuh yang di dalamnya terdapat unsur tempat (institusi) koleksi yang disusun berdasarkan sistem tertentu serta pengelola dan pemakai.
Perpustakaan adalah suatu unit kerja yang memiliki sumber daya manusia, ruang khusus dan kumpulan koleksi sesuai dengan jenis perpustakaannya sedangkan pengertian perpustakaan menurut SK dari Menpan No. 18 tahun 1988 adalah suatu unit kerja yang sekurang-kurangnya mempunyai koleksi 1000 judul bahan pustaka atau 2.500 eksemplar dan dibentuk dengan keputusan pejabat yang berwenang. (Purwono, 2009:1.2).
Perpustakaan sekolah memberikan layanan di sekolah meliputi murid, guru,kepala sekolah dan staf administrasi lainnya.Dengan adanya layanan perpustakaan di sekolah maka sangat membantu murid untuk berlatih membaca, mencari informasi, penelitian,rekreasi, kreatifitas siswa.(Martoatmojo,2008:1.4). Sehingga sangat membantu guru dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan pembelajaran,aktif,kreatif,inovatif dan menyenangkan.
B.    Tujuan Praktik Kerja Perpustakaan
Dengan diadakannya praktik kerja perpustakaan sehingga penulis mendapatkan pengalaman langsung dalam dunia kerja perpustakaan yang sesungguhnya. Dan semoga dengan diadakannya praktik kerja perpustakaan penulis dapat memperoleh ilmu tentang bagaimana mengelola ilmu perpustakaan dengan baik dan menjadi bekal untuk memasuki dunia kerja pustakawan yang sesungguhnya sesuai dengan program kerja perpustakaan.

BAB II
HASIL PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN

A.    Pengadaan Bahan Pustaka
Pengadaan bahan pustaka adalah kegiatan yang merupakan implementasi dari keputusan dalam melakukan seleksi yang mencakup semua kegiatan untuk mendapatkan buku dengan cara membeli, hadiah atau tukar menukar dengan perpustakaan lain.
Dalam melaksanakan pengadaan bahan pustaka Perpustakaan SMP Negeri 1 Puring dilakukan dengan mengajukan proposal buku ke Kepala Sekolah yang berisikan jumlah kebutuhan buku yang dibutuhkan. Selain itu ada juga sumbangan dari siswa-siswi Kelas IX pada akhir tahun pelajaran yang berupa buku-buku fiksi.

B.    Pengolahan Bahan Pustaka
Pengolahan bahan pustaka merupakan pekerjaan yang dilakukan di perpustakaan yang bisa dengan manual dan komputerisasi.
Pengolahan bahan pustaka merupakan pekerjaan yang berurutan, mekanis, sistematis, dan runtut. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan manual dan komputerisasi.
Langkah-langkah yang penulis lakukan di Perpustakaan SMP Negeri 1 Puring antara lain :
1.    Mencatat semua koleksi buku ke dalam buku-buku inventaris/buku induk.
2.    Katalogisasi adalah kegiatan yang berkaitan dengan data yang terdapat pada buku yang harus menentukan pengarangnya, judul, edisi, keterangan tentang penerbitan, pencatatan fisik seperti jumlah halaman, keterangan tentang ilustrasi, tinggi buku, penentuan seri serta penentuan jejakan.
3.    Klasifikasi adalah proses pengelompokkan atau pengumpulan benda yang sama serta memisahkan benda yang tidak sama. Dalam seluruh ilmu dibagi menjadi 9 kelas utama yang diberi lambang atau kode 100-900 yang masing-masing terdiri dari 000 (karya umum), 100 (filsafat), 200 (agama), 300 (ilmu-ilmu sosial), 400 (bahasa), 500 (ilmu murni), 600 (ilmu terapan), 700 (kesenian, hiburan dan olahraga), 800 (kesusastraan), 900 (gepgrafi dan sejarah umum).
4.    Kelengkapan fisik buku
Untuk kelengkapan koleksi, dibutuhkan : label, kantong buku, slip tanggal, kartu buku dan kartu katalog.
5.    Pengolahan data dengan komputer (pengimputan data)
Kegaiatan memasukan data, pembuatan daftar kerja dan pembuatan barcode, ada juga kegiatan yang lain : registrasi, katalogisasi dan klasifikasi.
6.    Penyusunan koleksi
Hal-hal dalam penyusunan koleksi : penyusunan penataan dan penempatan koleksi pada rak buku sesuai dengan kelas utama masing-masing. Penyusunan buku di rak harus disesuaikan dengan nomor klasifikasi.

C.    Layanan Perpustakaan
Sistem layanan di Perpustakaan SMP Negeri 1 Puring menggunakan layanan terbuka yaitu pengunjung atau pemakai dapat secara langsung menemukan dan memperoleh buku-buku yang dibutuhkan pada tempatnya.
Keuntungannya dalam memakai sistem layanan terbuka yaitu pengunjung bebas memilih sendiri bahan pustaka yang ada di perpustakaan sesuai dengan apa yang dibutuhkan.
Kegiatan layanan di Perpustakaan SMP Negeri 1 Puring yaitu :
1)    Keanggotaan Perpustakaan
Berlaku selama siswa itu masih menjadi siswa SMP Negeri 1 Puring
2)    Peminjaman :
-    Buku diambil di rak atau almari buku, kemudian peminjam mengambil kartu pinjam yang ada di kotak kartu peminjam setelah itu diberikan kepada petugas.
-    Petugas mendata nama, nomor induk dan judul buku yang dipinjam dan tanggal pinjam serta tanggal kembali.
3)    Pengembalian
-    Peminjam menyerahkan buku dengan dimintai data tentang nomor induk, judul buku sesuai atau tidak dengan judul buku yang ada dalam komputer.
-    Petugas mencatat tanggal kembali dan menghitung denda jika terjadi keterlambatan dalam pengembalian serta diparaf.

Gambar Kartu Peminjam Buku Koleksi
Perpustakaan SMP Negeri 1 Puring




D.    Statistik Koleksi Perpustakaan
Statistik adalah ilmu tentang pengumpulan data, menggolongkan, menabulasi dan menganalisis suatu kegiatan. Dalam perpustakaan yang disebut statistik adalah catatan angka-angka yang dikumpulkan, ditabulasi, digolongkan mengenai kegiatan perpustakaan.
Unsur-unsur yang harus dilaporkan berdasarkan pengalaman/pengamatan di tempat praktik :
1.    Jumlah Anggota

Grafik : Diagram Batang Jumlah Anggota
Ket :
Kelas 1 = 280 siswa
Kelas 2 = 240 siswa
Kelas 3 = 230 siswa
2.    Pembelian dan Hadiah

Grafik : Diagram Batang Pembelian dan Hadiah
Ket :
Nonfiksi     = Pembelian 175 buku, Hadiah 100 buku
Fiksi     = Pembelian 75 buku dan Hadiah 75 buku
3.    Pengolahan Bahan Pustaka

Grafik : Diagram Lingkaran Pengolahan Bahan Pustaka
Ket :
Nonfiksi     = 65 % (sebanyak 225 buku dari 375 buku)
Fiksi     = 35 % (sebanyak 150 buku dari 375 buku)

4.    Jumlah Pengunjung Pada Bulan Juni

Grafik : Diagram Batang Pengunjung di Bulan Juni
Ket :
Minggu I     =   80 siswa    Minggu IV     = 111 siswa
Minggu II     = 125 siswa     Minggu V     =   12 siswa
Minggu III     = 255 siswa

5.    Jumlah Koleksi Buku yang dipinjam

Grafik : Diagram Jumlah Koleki Buku yang dipinjam
Ket :
Nonfiksi     = 42% (sebanyak 121 buku dari 288 buku)
Fiksi     = 58% (sebanyak 167 buku dari 288 buku)

6.    Layanan Rujukan
Jumlah pertanyaan yang masuk 20 soal
Jumlah pertanyaan yang bisa di jawab 17 soal
BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dari hasil praktik kerja perpustakaan yang dilakukan di perpustakaan SMP Negeri 1 Puring dapat disimpulkan bahwa :
•    Pengadaan bahan pustaka di perpustakaan SMP Negeri 1 Puring berasal dari droping pemerintah, hadiah, sumbangan siswa kelas IX pada akhir tahun pelajaran atau menjelang kelulusan, dan dengan cara membeli misalnya bahan pustaka yang berupa majalah dan surat kabar. Bahan pustaka di perpustakaan SMP Negeri 1 Puring terdiri atas karya cetak dan karya noncetak.
•    Proses pengolahan bahan pustaka di perpustakaan SMP Negeri 1 Puring meliputi identifikasi, informasi, katalogisasi, klasifikasi, kelengkapan koleksi, penyusunan kolekasi, dan pengolahan dengan komputer.
•    Perpustakaan SMP Negeri 1 Puring menggunakan sistem pelayanan terbuka (open access). Sistem terbuka dipakai pada bahan pustaka yang tidak terbatas jumlahnya, seperti nofel, majalah, tabloid, dan koran.

B.    Saran
Guna meningkatkan pelayanan perpustakaan di SMP Negeri 1 Puring saran yang ingin disampaikan penulis adalah :
1.    Untuk manambah layanan perpustakaan perlu menambah jumlah staf karena tidak sesuai dengan jumlah pengunjung setiap harinya.
2.    Pengoptimalan program system informasi perpustakaan yang ada untuk memperlancar proses pengolahan dan pelayanan bahan pustaka.
4.    Memasukkan jam kunjung perpustakaan ke dalam kurikulum pembelajaran.

DAFTAR PUSTAKA


Purwono, dan Sri Suharmini. 2009. Perpustakaan dan Kepustakawanan Indonesia. Cetakan keenam. Jakarta : Universitas Terbuka.

Saleh, Abdul Rahman dan Rita Komalasari. 2010. Manajemen Perpustakaan. Cetakan keempat. Jakarta : Universitas Terbuka.

Yuyu Yulia, dan Janti Gristianawati Sujana. 2008. Pengembangan Koleksi. Cetakan ketiga. Jakarta : Universitas Terbuka.

Karmidi Martoatmojo. 2008. Pelayanan Bahan Pustaka. Cetakan keempat. Jakarta : Universitas Terbuka.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Laporan PKP memang ada yang bisa didownload dan tidak, jika mau yang bisa didownload di www.pkpku.blogspot.com

Semoga manfaat.

Anonim mengatakan...

Laporan PKP memang ada yang bisa didownload dan tidak, jika mau yang bisa didownload di www.pkpku.blogspot.com

Semoga manfaat.