LAPORAN PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN PUST 2290
DI PERPUSTAKAAN SMP N 1 KUWARASAN
KABUPATEN KEBUMEN
Laporan ini disusun sebagai salah satu tugas untuk menyelesaikan program studi
Diploma II Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Terbuka
OLEH
SUTARYO
NIM : 015934372
UPBJJ-UT PURWOKERTO
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS TERBUKA
2011
LAPORAN PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN PUST 2290
DI PERPUSTAKAAN SMP N 1 KUWARASAN
LAPORAN
Laporan ini disusun sebagai salah satu tugas untuk menyelesaikan program studi
Diploma II Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Terbuka
OLEH
SUTARYO
NIM : 015934372
UPBJJ-UT PURWOKERTO
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS TERBUKA
2011
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Mahasiswa Universitas Terbuka Program Studi Perpustakaan
Tahun Akademik 2011 / 2012
Telah diteliti kebenarannya dan dinyatakan sah oleh Pembimbing Lapangan, Koordinator Pembimbing Lapangan dan Kepala Sekolah SMP N1 Kuwarasan
Diuji oleh:
Dosen Pembimbing lapangan
Disahkan pada :
Hari :
Tanggal :
Kepala Sekolah Pembimbing Lapangan
Tubari, S.Pd. Ahmad Sibromalisi, SIP
NIP 19660111 19512 1 003
Kepala UPBJJ-UT Purwokerto
Drs. H. Samsul Islam, M.Pd.
NIP 19540906 198601 1 001
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Illahi Robbi yang telah banyak memberi nikmat, taufiq, hidayah serta inayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Praktik Kerja Perpustakaan selama 1 bulan, di mulai tanggal 19 September sampai dengan 18 Oktober 2011 di SMP Negeri 1 Kuwarasan Kab. Kebumen.
Laporan ini dibuat sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Praktik Kerja Perpustakaan PUST 2290 UPBJJ-UT Purwokerto. Mata kuliah ini diambil setelah menempuh mata kuliah Pengembangan Koleksi, Pengolahan Bahan Pustaka dan Pelayanan Bahan Pustaka
Sungguh secara rendah hati penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang senantiasa membantu demi kelancaran penyusunan laporan Paktik Kerja Perpustakaan ini. Khususnya penulis haturkan terima kasih kepada yang terhormat :
1. Bapak Drs. H. Samsul Islam, M. Pd. Selaku Kepala UPBJJ-UT
2. Bapak Ahmad Sibromalisi, SIP, selaku pembimbing lapangan
3. Bapak Tubari, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kuwarasan yang telah memberikan izin untuk melaksanakan PKP.
4. Bapak Muhdir, S.Pd. selaku koordinator Perpustakaan yang telah banyak membantu selama kami melaksanakan PKP.
5. Semua pihak yang telah banyak membantu memberikan arahan dan bantuan baik secara langsung maupun tidak langsung.
Melalui laporan ini penulis menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan dan kekhilafan yang menyangkut materi, praktik, maupun tata tulis. Kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan.
Kebumen, 18 Oktober 2011
Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL ................................................................................ i
HALAMAN PENGESAHAN .................................................................. ii
KATA PENGANTAR .............................................................................. iii
DAFTAR ISI ............................................................................................. iv
DAFTAR TABEL..................................................................................... v
DAFTAR GAMBAR................................................................................. vi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ................................................................... 1
B. Tujuan Praktik Kerja Perpustakaan .................................... 2
BAB II HASIL PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN
A. Pengadaan Bahan Pustaka ................................................. 3
B. Pengolahan Bahan Pustaka................................................. 4
C. Pelayanan Perpustakaan ..................................................... 10
D. Statistik Koleksi ................................................................. 12
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan ........................................................................ 15
B. Saran .................................................................................. 15
DAFTAR PUSTAKA................................................................................ 17
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel 2.1. Format Pendaftaran Anggota Perpustakaan .............................. 12
Tabel 2.2 Datar Koleksi Perpustakaan Siap Display.................................... 13
DAFTAR GAMBAR
Halaman
Gambar 2.1 Cap Perpustakaan.................................................................... 5
Gambar 2.2 Cap Inventaris......................................................................... 6
Gambar 2.3 Katalog.................................................................................... 7
Gambar 2.4 Label Buku.............................................................................. 7
Gambar 2.5 Slip Lembar Kembali............................................................... 8
Gambar 2.6 Kartu Buku.............................................................................. 9
Gambar 2.7 Kantong Kartu Buku............................................................... 9
Gambar 2.8 Kartu Anggota Perpustakaan.................................................. 12
Gambar 2.9 Garfik Koleksi......................................................................... 14
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perpustakaan sebagai sumber informasi memegang peranan penting dalam pembangunan nasional dan merupakan sarana penunjang dalam pendidikan. Perpustakaan sebagai pusat informasi dituntut untuk memberikan layanan informasi yang lengkap, cepat, dan tepat guna.
Menurut Undang Sudarsana (2009 : 1.25) bahwa perpustakaan sekolah merupakan salah satu komponen dalam pengajaran di suatu sekolah yang berguna sebagai sumber kegiatan belajar mengajar. Perpustakaan dari aspek pendidikan dapat berfungsi untuk meningkatkan apresiasi budaya dari masyarakat sekitar. Salah satu kriteria bagi perkembangan suatu perpustakaan dapat dinilai dari sumber daya manusianya. Sumber daya manusia perpustakaan dapat ditingkatkan melalui penguasaan ilmu di bidang perpustakaan.
Berangkat dari persoalan di atas, maka diadakan Praktik Kerja Perpustakaan bagi mahasiswa D II perpustakaan. Adanya program tersebut, diharapkan mahasiswa sebagai calon pustakawan nantinya dapat menjadi pustakawan yang professional.
B. Tujuan Praktik Kerja Perpustakaan
Tujuan yang diharapkan dalam Praktik Kerja Perpustakaan ini adalah sebagai berikut:
1. Mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari bangku perkuliahan dengan mengelola perpustakaan agar berfungsi sebagai jantung pendidikan.
2. Mahasiswa dapat memahami proses pengadaan, pengolahan sampai pelayanan bahan pustaka kepada pemakai perpustakaan.
3. Mahasiswa mampu membuat statistik koleksi, yang ada di perpustakaan.
BAB II
HASIL PRAKTIK KERJA PERPUSTAKAAN
A. Pengadaan Bahan Pustaka
Sebuah perpustakaan yang bagus memiliki koleksi yang dapat memenuhi kebutuhan informasi bagi para penggunanya. Dalam hal ini yang dimaksud dengan koleksi perpustakaan adalah semua bahan pustaka yang dikumpulkan, diolah, dan di simpan untuk disebarluaskan kepada masyarakat guna memenuhi kebutuhan informasi mereka. Hal ini dimaksudkan untuk menunjang pelaksanaan program lembaga induknya (Yulia : 2008, 1.5).
Menurut Ibrahim Bafadal (2009: 25), bahwa pengadaan bahan pustaka adalah mengusahakan adanya bahan-bahan pustaka yang belum dimiliki perpustakaan, dan menambah bahan-bahan pustaka yang sudah dimiliki tetapi jumlahnya masih kurang. Beberapa pertimbangan dalam pengadaan bahan pustaka antara lain:
1. Cara Pengadaan Bahan Pustaka
Dalam Pengadaan bahan pustaka, perpustakaan bisa melalui beberapa cara, yakni dengan membeli, hadiah, mengopi, tukar-menukar dan titipan. Pembelian bahan pustaka bisa langsung dilakukan di toko buku, agen buku, memesan langsung ke penerbit dan lain-lain dengan melalui prosedur yang telah ditetapkan. Tidak semua perpustakaan mempunyai dana untuk membeli bahan pustaka, maka perpustakaan tersebut dapat mengajukan bantuan atau hadiah dari departemen, lembaga atau instansi lain.
2. Prinsip Pemilihan Bahan Pustaka
Dalam pemilihan bahan pustaka tidak hanya dilihat dari segi kuantitasnya saja, tapi juga harus dengan kualitasnya, disesuaikan dengan kondisi dan situasi perpustakaan tersebut, apakah bahan pustaka yang akan dipilih cocok atau tidak jika dimiliki perpustakaan tersebut dan bagaimana kondisi perpustakaan itu sendiri. Dengan kata lain bahan pustaka harus sesai dengan kebutuhan penggunanya
3. Alat Bantu Pemilihan Bahan Pustaka
Untuk pengadaan bahan pustaka yang sesuai dengan kondisi perpustakaan dan yang dilayaninya, perpustakaan dapat menggunakan alat bantu untuk memilih bahan pustaka. Alat bantu tersebut dapat berupa: silabus mata pelajaran, daftar buku atau katalog penerbit, selebaran terbitan baru, resensi atau tinjauan buku, dan para ahli sebagai nara sumber.
Prosedur Pemesanan dan Pembelian Bahan Pustaka
Pengadaan bahan pustaka di SLTP Negeri 1 Kuwarasan dilakukan dengan mengajukan proposal terlebih dahulu kepada Kepala Sekolah, melalui pertimbangan dari berbagai pihak khususnya pustkawan. Setelah proposal disetujui oleh kepala sekolah dan bendahara sekolah, kemudian bahan pustaka di pesan melalui agen secara langsung.
Pengadaan bahan pustaka dalam rangka pengembangan koleksi di dapat dilakukan dengan cara:
1. Menerima droping Dana Alokasi Khusus dari pemerintah, tahun 2010 menerima droping dari pemerintah berupa buku fiksi dan nonfiksi, sebanyak 823 judul buku terdiri dari buku pengayaan, referensi dan PAEDA dengan jumlah total sebanyak 1648 eksemplar.
2. Membeli bahan pustaka yang sumber dananya berasal dari dana BOS.
3. Sumbangan siswa IX yang telah lulus sekolah sebagai kenang-kenangan kepada almamater.
B. Pengolahan Bahan Pustaka
Sebelum dilayankan kepada pengguna, bahan pustaka perlu di olah terlebih dulu menurut sistem tertentu sampai akhirnya siap digunakan oleh pengguna. (Sulistia, Hartoyo, dan Edi Pranoto, 2009 : 3.11). Pada kegiatan pengolahan bahan pustaka di perpustakaan SMP Negeri 1 Kuwarasan meliputi:
1. Mencocokkan bahan pustaka yang diterima dengan daftar pesanan.
2. Iventarisasi Bahan Pustaka
Menurut Ibrahim Bafadal (2009: 46) bahwa proses pencatatan bahan pustaka yang dimiliki perpustakan disebut inventarisasi bahan pustaka. Kegiatan inventarisasi bahan pustaka di perpustakaan SMP Negeri 1 Kuwarasan.
a. Menulis tanggal masuk.
b. Menulis nomor iventaris bahan pustaka.
c. Menulis pengarang bahan pustaka.
d. Menulis judul bahan pustaka.
e. Menulis penerbit bahan pustaka.
f. Menulis tahun terbit bahan pustaka.
g. Menulis asal bahan pustaka.
h. Menuliskan harga bahan pustaka
i. Menuliskan keterangan jumlah bahan pustaka.
3. Pemberian identitas (stempel) perpustakaan dan stempel inventaris. Contoh stempel perpustakaan
Gambar. 2.1. Cap Perpustakaan
Gambar 2.2. Cap Inventaris
4. Mengklasifikasi bahan pustaka
Proses pengklasifikasian di Perpustakaan SMP Negeri 1 Kuwarasan menggunakan proses klasifikasi yang biasa digunakan di perpustakaan-perpustakaan yang lain yaitu menggunakan DDC yang dibagi menjadi 10 kelas utama yang diberi lambang 100 – 900 yang masing – masing terdiri dari 000(karya umum),100(filsafat), 200(agama), 300(ilmu sosial), 400(bahasa), 500(ilmu murni), 600 (ilmu terapan),700 (kesenian, hiburan dan olahraga), 800(kesusastraan), 900(geografi dan sejarah umum).
5. Katalogisasi Bahan Pustaka
Menbuatkan katalog merupakan kegiatan mencatat data bibliografi bahan perpustakaan yang meliputi : pengarang, judul, edisi, cetakan, kota terbit, penerbit, tahun terbit, jumlah halaman, ilustrai, ukuran, keterangan seri, anotasi, dan ISBN. Katalog yang dipakai adalah katalog pengarang yaitu katalog yang terdiri dari entri pengarang yang disusun menurut abjad. Katalog berukuran 7,5 x 12,5 cm. Katalog dibuat untuk memudahkan penempatan dan penemuan kembali suatu bahan pustaka.
Contoh katalog.
Gambar 2.3. Katalog
6. Membuat kelengkapan Bahan Pustaka
Kerlengkapan bahan pustaka digunakan untuk memudahkan pelayanan bagi pengguna perpustakaan. Bahan pustaka perlu dibuatkan perlengkapan-perlengkapannya sebagai akhir penyelesaian pengolahan. Perlengkapan bahan pustaka di SMP N 1 kuwarasan meliputi:
a. Pemberian label buku yang ditempel pada punggung buku. Label standar berukuran 5 x 4 cm yang terdapat tulisan nomor panggil. Label buku ditempel pada ketinggian yang sama yaitu 3 cm. Fungsi label yang berisi nomor panggil adalah untuk urutan penyusunan di rak dan untuk mengetahui lokasi buku dalam rak koleksi. Contoh label buku:
Gambar 2.4. Label buku
b. Lembar tanggal kembali,ditempel pada sampul buku belakang bagian dalam letaknya di bagian atas. Tujuan dibuatkan slip lembar kembali antara lain mengingatkan peminjam agar tidak melewati tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan. Pada slip lembar kembali terdapat kolom untuk administrasi peminjaman dan pengembalian. Lembar tanggal kembali terbuat dari kertas HVS putih dengan ukuran 10,5 x 15 cm.
Gambar 2.5. Slip lembar kembali
c. Kartu buku, berisi informasi mengenai nomor panggil buku, nama pengarang, judul buku, dan nomor inventaris. Kolom yang terdapat pada kartu buku yaitu kolom tanggal pinjam, nomor anggota dan tanggal harus kembali. Kartu ini berukuran 7,5 x 12 cm, terbuat dari kertas buffalo warna hijau dengan ukuran 7,5 x 12 cm.
Gambar 2.6. Kartu buku
d. Kantong buku, Kantong buku standar berukuran 8 x 5 cm, ditempel pada bawah lembar tanggal kembali. Kantong buku terbuat dari kertas HVS putih dengan ukuran 8 x 13 cm.
Gambar 2.7. Kantong kartu buku
7. Shelving, Penempatan bahan pustaka kedalam rak koleksi. Sistem yang digunakan adalah nomor klasifkasi yang paling kecil di sebelah kiri kekanan.
C. Pelayanan Perpustakaan
Pelayanan perpustakaan berarti pengorganisasian secara teratur dan sistematis melalui kegiatan yang ada di perpustakaan. Sistem pelayanan di perpustakaan SMP Negeri 1 Kuwarasan menggunakan sistem terbuka. Alasan digunakannya sistem pelayanan terbuka, dikarenakan sistem ini memiliki keuntungan yaitu pengunjung atau pemakai perpustakaan bebas memilih sendiri bahan pustaka yang ada di perpustakaan. Ada 3 jenis layanan di perpustakaan SMP Negeri 1 Kuwarasan antara lain sebagai berikut:
1. Layanan sirkulasi
layanan ini menyangkut peredaran bahan-bahan pustaka yang dimiliki oleh perpustakaan. Adapun tugas-tugas bagian sirkulasi antara lain sebagai berikut:
a. Mengawasi pintu masuk dan keluar
b. Melayani peminjaman.
Proses peminjaman bahan pustaka yang dilakukan di SMP Negeri 1 Kuwarasan yaitu :
- Peminjam mencari sendiri bahan pustaka yang dibutuhkan di rak buku.
- Peminjam menyerahkan buku dan kartu peminjam/anggota kepada petugas.
- Petugas mengambil kartu buku dan mengisi kolom-kolom pada kartu buku dan kartu anggota sesuai data yang diperlukan, petugas menulis tanggal wajib kembali dan nomor anggota pada slip tanggal kembali.
- Petugas meminta pada peminjam untuk menandatangani buku peminjaman dan menyerahkan kartu peminjam kepada peminjam.
- Petugas menulis batas waktu peminjaman pada slip lembar kembali
c. Melayani pengembalian buku
Proses pengembalian bahan pustaka yang dilakukan di SMP Negeri 1 Kuwarasan yaitu :
- Peminjam menyerahkan bahan pustaka dan kartu pinjam kepada petugas layanan sirkulasi
- Petugas Mencocokan bahan pustaka apakah sesuai dengan yang tertulis di buku peminjamam, Jika sesuai petugas membubuhkan tanda tangan dibuku peminjaman dan kartu peminam, dan menyerahkan kartu pinjam kepada pemilik kartu.
- Jika terjadi keterlambatan mengembalikan bahan pustaka peminjam dikenai biaya keterlambatan sebesar Rp 100,- rupiah per – hari.
2. Layanan referen.
Layanan referensi merupakan jembatan antara buku dan pembaca, setiap saat harus siap menjawab dan memberi petunjuk kepada pembaca.
3. Layanan anggota.
Mendaftar anggota, membuatkan mencetakan kartu anggota, memperpanjang menjadi anggota.
Cara mendapatkan kartu anggota perpustakaan.
- Siswa mengajukan permohonan dengan mengisi formulir pembuatan kartu anggota dan menyerahkan pasfoto 3x4Cm, diserahkan ke petugas untuk di adakan pencetakan dan penerbitan karu anggota dan kartu peminjam.
Contoh formulir permohonan kartu anggota.
Tabel 2.1. Formulir pembuatan kartu anggota
Gambar 2.8. Kartu anggota
D. Statistik Koleksi Perpustakaan
Statistik koleksi perpustakaan dapat berfungsi untuk mengetahui perkembangan sebuah perpustakaan dan sebagai acuan untuk perkembangan perpustakaan di masa yang akan datang.
Berdasarkan pengalaman dan pengamatan selama melakukan Praktik Kerja Perpustakaan di SMP N 1 Kuwarasan dapat dipaparkan data statistik sebagai berikut:
No.
|
Golongan Bahan Perpustakaan
|
Bahan Pustaka Siap Display
| |
Jenis Kelas Utama
(Angka Kelas)
|
Jumlah Bahan Pustaka (eksemplar)
|
Jumlah Judul
| |
1
|
Karya Umum (000)
|
330
|
215
|
2
|
Filsafat dan psikologi (100)
|
300
|
150
|
3
|
Agama (200)
|
385
|
192
|
4
|
Ilmu-ilmui sosial (300)
|
300
|
150
|
5
|
Bahasa (400)
|
322
|
135
|
6
|
Ilmu-ilmu murni (500)
|
1000
|
480
|
7
|
Ilmu-ilmu terapan ( 600)
|
375
|
235
|
8
|
Kesenian, olahraga ( 700)
|
290
|
145
|
9
|
Kesusastraan (800)
|
152
|
76
|
10
|
Sejarah umum (900)
|
780
|
390
|
Tabel 2.2. Data koleksi
Jumlah koleksi bahan pustaka terbanyak yang telah diolah dan siap display di SMP Negeri 1 Kuwarasan adalah jenis buku Ilmu – ilmu murni dengan nomor klasifikasi 500, sebanyak 1000 eksemplar. Jumlah koleksi terkecil yaitu satra dengan nomor klasifikasi 800, sebanyak 152 eksemplar.
Data koleksi perpus dalam bentuk grafik.
Gambar 2.9 Grafik koleksi
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pada dasarnya proses pengadaan bahan pustaka yang dilakukan oleh Perpustakaan SMP N 1 Kuwarasan sudah cukup memadai dan variatif. Tidak hanya ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan mata pelajaran, tetapi juga ilmu-ilmu yang bersifat praktis yang diharapkan dapat menambah dan membuka cakrawala bagi pengguna perpustakaan.
Dalam usaha pengadaan bahan pustaka di perpustaakaan SLTP Negeri 1 Kuwarasan sudah cukup baik. Pengadaan bahan pustaka dilakukan pustakawan setiap ada kesempatan untuk menambah koleksi perpustakaan, khususnya satu tahun sekali yaitu pada tahun ajaran baru.
Berkaitan dengan pengolahan bahan pustaka yang dilakukan di perpustakaan SLTP Negeri 1 Kuwarasan meliputi pemeriksaan bahan pustaka, pengecapan, inventarsasi, katalogisasi, pengolahan bahan pustaka dan penyusunan koleksi. Sistem pelayanan terbuka yang diberikan perpustakaan memberikan keleluasaan kepada pengunjung perpustakaan untuk langsung menemukan dan memperoleh bahan pustaka sesuai yang diinginkan.
B. Saran / Rekomendasi
Dari hal-hal tersebut di atas, dalam usaha untuk mewujudkan dan meningkatkan tujuan dari perpustakaan sekolah yaitu sebagai jantung satuan pendidikan, hendaknya seorang pustakawan harus meningkatkan kerjasamanya dengan pendidik (guru), demikian sebaliknya. Kerjasama ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan budaya membaca dan membantu demi terwujudnya tujuan dari pendidikan nasional.
Selain itu untuk meningkatkan pelayanan alangkah baiknya Petugas perpustakaan menempuh pendidikan yang lebih tinggi, atau kursus maupun diklat. Serta berusahan memperbaiki system berbasis informatika computer (komputerisasi)
DAFTAR PUSTAKA
Bafadal, Ibrahim, 2009, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Cetakan ketujuh, Jakarta: Bumi Aksara.
Basuki, Sulistyo, 2008, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: Universitas Terbuka.
Martoatmojo, Karmidi, 2008, Pelayanan Bahan Pustaka, Jakarta: Universitas Terbuka.
Purwono, 2009, Perpustakaan dan Kepustakawanan Indonesia, Cetakan keenam, Jakarta: Universitas Terbuka.
Sudarsana, Undang, 2009, Pembinaan Minat Baca,Cetakan kelima, Jakarta: Universitas Terbuka.
Sulistia, Hartoyo, dan Edi Pranoto, 2009, Manajemen Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Universitas Terbuka
Yulia, Yuyu dan B Mustofa, 2008, Pengolahan Bahan Pustaka, Jakarta: Universitas Terbuka.
Yulia, Yuyu dan Janti Gristinawati Sujana, 2007, Pengembangan Koleksi, Jakarta: Universitas Terbuka.
lAMPIRAN KERJA PERPUSTAKAAN Klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar