KELOMPOK TANI TERNAK KARYA MEGA JAYA BUMIREJO

Rabu, 17 Maret 2010

PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA

  1. Bahan Pustaka merupakan media informasi rekam baik tercetak maupun non cetak.
  2. Susunan Koleksi susunan koleksi hanya dapt disusun salah satu cirinya. Ada dua yang dapat dipilih untuk menyusun koleksi.
  • Penempatan relatif: berdasarkan subyek bahan pustaka tersebut (yang diberi tanda adalah bahan pustakanya) sehingga bahan pustaka baru dapat disisipkan dalam susunan koleksi tersebut.
  • Penempatan tetap: meanampilkan susunan koleksi berdasarkan salah satu ciri bahan pustaka, kecuali ciri subyek. (ayan diberi nomor adalah rak )
3. Katalog yang berfungsi sebagai ingatan, merupakan sajian ringkas koleksi perpustakaan. Terdapat berbentuk katalog dalam bentuk kartu buku, maupun terbacakan mesin yang dikenal dengan OPAC ( Inline Publik Access Catalogue )
4. Pengguna adalah pengguna perpustakaan yang akan memanfaatkan koleksi perpustakaan.

PROSES DALAM SISTEM INFORMASI
1 Pengindekan:meliputi semua proses yang berkaitan dengan masukanpada sistem tersebut, seperti analisis subyek, klasifikasi dan perubahan katalog. (pengkatalogan)
2.Temu kembali sistem informasi

Pengkatalogan Deskripsi merupakan kegiatan mengidentifikasi dari ciri-ciri fisik  suatu bahan pustaka. seperti Judul, Tempat terbit, Nama Penerbit, Jumlah halaman, dsb..
Pengindekan Subyek setelah melakukan pengkatalogan deskriptif yaitu mengidentifikasi ciri-ciri fisik bahan pustaka, yang menghasilkan deskripsi bibliografi dan tajuk entri langkah selanutnya adalah melakukan pengindekan subyek atau dapat disebut Klasifikasi

Tidak ada komentar: